logo

Hak Pasien

1.    Memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit.

2.    Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien.

3.    Memperoleh layanan yang manusiawi, adil, jujur, dan tanpa diskriminasi.

4.    Memperoleh layanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan standar profesi dan standar prosedur operasional.

5.    Memperoleh layanan efektif dan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi.

6.    Mengajukan pengaduan atas kualitas pelayanan yang ditetapkan.

7.    Memilih dokter dan kelas perawatan sesuai dengan keinginannya dan peraturan yang berlaku di Rumah Sakit.

8.    Meminta konsultasi tentang penyakit yang dideritanya kepada dokter lain yang mempunyai Surat Izin Praktik (SIP)
baik di dalam maupun di luar Rumah Sakit.

9.    Mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya.

10. Mendapat informasi yang meliputi diagnosis dan tata cara tindakan medis, tujuan tindakan medis, alternatif tindakan,
risiko, dan komplikasi yang mungkin terjadi, dan prognosis terhadap tindakan yang dilakukan serta perkiraan biaya
pengobatan.

11. Memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan terhadap penyakit
yang dideritanya.

12. Didampingi keluarganya dalam keadaan kritis.

13. Menjalankan ibadah sesuai agama atau kepercayaan yang dianutnya selama hal itu tidak mengganggu pasien lainnya.

14. Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya selama dalam perawatan di Rumah Sakit.

15. Mengajukan usul, saran, perbaikan atas perlakuan Rumah Sakit terhadap dirinya.

16. Menolak pelayanan bimbingan rohani yang tidak sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya.

17. Mengeluhkan pelayanan Rumah Sakit yang tidak sesuai dengan standar pelayanan melalui media cetak dan elektronik
sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.

Menggugat dan/atau menuntut Rumah Sakit apabila Rumah Sakit diduga memberikan pelayanan yang tidak sesuai dengan
standar, baik secara perdata ataupun pidana.


Kewajiban Pasien

Memberikan informasi yang lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya.

1.    Mematuhi nasihat dan petunjuk dokter atau dokter gigi.

2.    Mematuhi ketentuan yang berlaku di sarana pelayanan kesehatan.

3.    Memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima.

Search

Kategori Berita

Berita Terbaru

Proses Desinfeksi di 28 Mar 2020
Sosialisasi Kesiapsi 20 Mar 2020
DIRUT BPJS KESEHATAN 14 Feb 2020
Hasil Pemeriksaan Om 12 Feb 2020
Optimis Pertahankan 12 Nov 2019
Ayo Hadapi Depresi P 12 Nov 2019