logo

Sejatinya kemajuan teknologi harusnya bisa meningkatkan kesehatan tubuh bukan malah membahayakan kesehatan tubuh itu sendiri. Banyak orang menggunakan handphone untuk meningkatkan kesehatan tubuh yaitu menggunakan aplikasi penghitung langkah kaki setiap harinya.

Ada berbagai tip sehat yang mudah dipraktekkan, meskipun zaman terus berubah. Berikut ini 7 tip hidup sehat di era digital sekarang ini:

1. Jauhkan ponsel atau gadget dari kasur Anda

Gadget ini ternyata terbukti dapat mengganggu jam tidur malam Anda. Manusia membutuhkan jam tidur 7-8 jam setiap malamnya. Apa jadinya jika Anda selalu asyik bermain game, berkirim pesan atau menelepon saat jam tidur malam tiba.

2. Tingkatkan sosialisasi dengan orang lain secara langsung

Berbicara dengan keluarga, teman dekat maupun orang terkasih akan lebih bermakna dan membahagiakan, jika dilakukan secara langsung tanpa bantuan pesan singkat maupun meneleponnya.

3. Ciptakan hari tanpa gadget

Saat libur kerja, maka ada baiknya lebih mendekatkan diri pada keluarga dan menjauhkan segala jenis gadget dari genggaman Anda. Kebahagiaan dan ketenangan tentu akan mulai Anda rasakan saat berkumpul dengan keluarga.

4. Jangan bawa gadget saat berolahraga

Mengolahragakan tubuh di pagi hari tentu akan lebih menyehatkan dan membuat pikiran tenang tanpa gadget di tangan. Anda pun akan terbebas dari berbagai pesan singkat dan telepon dari ponsel.

5. Batasi sosialisasi di jejaring sosial Anda

Faktanya, hampir sebagian besar dari kita menghabiskan begitu banyak waktu di internet dengan duduk di depan laptop sambil menulis update status. Padahal duduk terlalu lama dapat mengundang berbagai risiko penyakit mematikan.

6. Manfaatkan aplikasi canggih dalam handphone Anda

Teknologi smartphone memungkinkan seseorang untuk download aplikasi penghitung langkah kaki setiap harinya. Sehingga Anda pun bisa mengukur berapa total langkah kaki yang Anda lakukan setiap hari terkait dengan kesehatan Anda.

7. Selalu gunakan headset saat menelepon

Ini bertujuan untuk mengurangi tingkat radiasi yang dipancarkan oleh ponsel yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker. Masihkah Anda bertelepon dengan menempelkannya di wajah?

 

Sumber: RTK ? No.5 Thn 2015
Editor: Bergman
Ilustrasi: pixabay.com