logo

Hernia adalah penyakit yang terjadi ketika ada organ dalam tubuh yang menekan dan mencuat melalui jaringan otot atau jaringan disekitarnya yang lemah. Seperti yang di jelaskan oleh Dr. Said Fuadi, M. Ked (Surg), Sp.B, pada program penyuluhan kesehatan hari Senin, (19/4/18) di loket antrian RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh,.

Protrusi atau penonjolan suatu organ ke organ sebelahnya melalui suatu daerah yang lemah. Bisa terjadi pada daerah-daerah tertentu, seperti otak, tulang belakang, abdomen dan dinding belakang dari tubuh? Ujarnya.

Ia melanjutkan, penyebab hernia ada dua yaitu, Kongenital yaitu terjadi sejak lahir, dan Di dapat (acquired) yaitu terjadi setelah dewasa atau pada usia lanjut. Ini disebabkan adanya tekanan intraabdominal yang meningkat dan dalam waktu yang lama, misal batuk kronis, konstipasi kronis, gangguan proses kencing (hipertropi prostat, stiktur utera), ascites dan sebagainya.

Dalam kesempatan yang sama, Dr. Said Fuadi, M. Ked (Surg), Sp.B kepada pasien di loket antrian juga juga memberikan pemahaman terkait penatalaksaan hernia melalui terapi operasi. Ia menjelaskan, jenis operasi tersebut ada dua macam, yaitu herniotomi dan herniorafi.


Herniotomi, isi kantung dikembalikan, pintu atau cincin ditutup. Dilakukan pada anak-anak dikarenakan penyebabnya adalah proses kongenital dimana prosesus vaginalis tidak menutup pada proses desensus testikulorom. Sedangkan herniorafi adalah, isi kantung dikembalikan, pintu atau cincin ditutup kemudian dinding belakang dari hernia disulam atau dijahit untuk diperkuat. Ini dilakukan pada orang dewasa dikarenakan penyebab hernianya adalah karena kelemahan otot atau fascia dinding belakanng abdomen? Jelasnya.

Selanjutnya, disela-sela penutupan program penyuluhan tersebut, Dr. Said Fuadi, M. Ked (Surg), Sp.B, menghimbau kepada seluruh pasien yang sudah merasakan gejala-gejala seperti yang sidah dijelaskan, ataupun pasien yang sudah di diagnosa hernia agar secepatnya melakukan konsultasi terkait terapi Hernia.


Operasi segera dianjurkan setelah diagnosis Hernia ditegakkan. Pada anak Herniotomo dan pada orang dewasa Herniorappy. Yaitu penggabungan antara Herniotomi dan Hernioplasty? Tutupnya.

dr. Said Fuadi, M. Ked (Surg), Sp.B