logo

        Kesehatan yang baik tergantung pada lingkungan yang aman. Praktisi atau teknisi yang memantau untuk mencegah penularan infeksi membantu melindungi klien dan pekerja keperawatan kesehatan dari penyakit. Klien dalam lingkungan keperawatan beresiko terkena infeksi karena daya tahan yang menurun terhadap mikroorganisme infeksius, meningkatnya pajanan terhadap jumlah dan jenis penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme dan prosedur invasif dalam fasilitas perawatan akut atau ambulatory, klien dapat terpajan pada mikroorganisme baru atau berbeda,yang beberapa dari mikroorganisme tersebut daaapat saja resisten terhadap banyak antibiotik. Dengan cara mempraktikan teknik pencegahan dan penembalian infeksi perawat dapat menghindarkan penyebaran mikroorganisme terhadap klien.


         Infeksi merupakan invasi tubuh oleh patogen atau mikroorganisme yang mampu menyebabkan sakit. Infeksi juga disebut asimptomatik apabila mikroorganisme gagal dan menyebabkan cedera yang serius terhadap sel atau jaringan.Penyakit akan timbul jika patogen berbiak dan menyebabakan perubahan pada jaringan normal. (Potter & perry .Fundamental Keperawatan.edisi 4.hal : 933 ? 942:2005).


        Untuk itu diperlukan langkah nyata dan kompeten dengan memberikan bimbingan atau pelatihan khusus yaitu dengan kegiatan yang up to date tentang pelatihan Pengelolaan Pasien Infeksi melalui pelatihan Pengelolaan Pasein Infeksi yang bermanfaat bagi tenaga kesehatan dalam mencegah serta menurunkan angka penderita yang disebabkan oleh Infeksi. 1


       Adapun Tujuan Pelatihan adalah  Membekali tenaga kesehatan dengan kemampuan Pengelolaan Pasian Infeksi dengan benar. dan dengan meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam Pengeloaan Pasien infeksi, maka penderita infeksi bisa di cegah, juga dapat menjamin semua peserta memiliki kemampuan untuk mengetahui definisi, rantai, proses infeksi.


        Narasumber pelatihan adalah tenaga ahli dan kompeten dibidangnya masing-masing yang berasal dari Tim PPI RS RSUZA, dan acara pelatihan diselenggarakan pada Hari Sabtu & Minggu, tanggal 13 s/d 14 Oktober 2018.